Ribuan Warga Semarakkan Temu Kebangsaan di Kabupaten Wonosobo

Januari 28, 2018
Ribuan Warga Semarakkan Temu Kebangsaan di Kabupaten Wonosobo Gubernur Jawa Tengah saat menyampaikan orasi dalam temu kebangsaan di Wonosobo

Ribuan peserta, utamanya warga Wonosobo, ikut menyemarakkan jalan santai dan senam sehat “Temu Kebangsaan” yang diselenggarakan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Minggu (28/11/2018) di Alun-alun Kota Wonosobo

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi, mengatakan bahwa pertemuan kebangsaan ini digagas untuk kebersamaan dalam keberagamaan, karena tidak mungkin semua menjadi sama, sehingga yang harus dijaga adalah semangat kebersamaan dalam keberagaman. Apalagi di tahun ini merupakan tahun politik, yang ditandai banyaknya pilkada, termasuk Pilgub Provinsi Jawa Tengah, serta persiapan menuju pileg dan pilpres tahun 2019. Yang mana tingkat kompetisi di level partai politik sangat tinggi, namun masyarakat diminta menyikapi dengan bijak, sehingga tidak ada perpecahan di tengah masyarakat.

Ditegaskan Rukma, bahwa komitmen bersama tersebut adalah menjaga Pancasila dan keutuhan NKRI, sehingga melalui kegiatan jalan santai dan senam sehat ini, diharapkan persatuan dalam keberagaman tersebut bisa tercapai, apalagi Jawa Tengah merupakan benteng Pancasila, sehingga meskipun masyarakat terdiri dari beragam agama, suku, ras, dan lainnya, tetapi harus selalu hidup rukun, damai, dan saling menghormati. Termasuk bagi para pemangku kepentingan harus paham apa yang dibutuhkan rakyat, dengan lebih dekat kepada masyarakat, sehingga bisa mengayomi dan menjaga ketenteraman bersama.

Senada dengan Rukma, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu faktor penting dalam pembangunan daerah adalah stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Jika masyarakat hidup tentram, guyub, dan rukun pemerintah dapat melaksanakan pembangunan dengan lancar. Namun akan terjadi sebaliknya, jika masyarakat tidak rukun, pemerintah akan repot dan program-program pemerintah tidak terlaksana, dan meski Jateng relatif kondusif, kewaspadaan harus terus ditingkatkan. Sebab potensi atas gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selalu ada, terutama gangguan radikalisme dan terorisme.

Terpisah Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Afif Nurhidayat, berharap, kegiatan yang rencananya digelar rutin tiap bulan di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah dan Wonosobo jadi tempat ketiga penyelenggaraan ini, bisa menjadi wahana bagi masyarakat agar mereka lebih paham akan pentingnya semangat menjaga persatuan dan kesatuan meski di tengah berbagai perbedaan, dan tidak mudah terpengaruh dengan berbagai provokasi yang pada akhirnya bisa memecah keutuhan dan ketentraman yang sudah terbangun di tengah masyarakat.

Dalam kegiatan jalan santai ini, ribuan peserta, yang berasal dari Pimpinan serta anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dan Kaabupaten Wonosobo, jajaran Forkopimda Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Wonosobo, jajaran eksekutif Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Wonosobo, jajaran BUMD Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Wonosobo, tokoh masyarakat, serta warga Wonosobo, menyusuri jalan protokol di Kabupaten Wonosobo hingga berakhir kembali di Alun-alun Kota Wonosobo. Di tempat ini, para peserta juga dihibur dengan berbagai sajian musik dengan bintang tamu “NDX AXA Familia” bersama Susi Ngapak serta sejumlah door prize.