DPRD Terima Audiensi KONI Wonosobo

November 10, 2017
DPRD Terima Audiensi KONI Wonosobo KONI saat melakukan audiensi dengan DPRD

DPRD Kabupaten Wonosobo menerima audiensi Komit Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Wonosobo, Jum’at, 10 November, di Ruang Rapat Utama DPRD dan diterima Wakil Ketua DPRD, Heru Irianto yang didampingi Ketua Komisi D, Faizun, Wakil Ketua Komisi D, Mugi Sugeng beserta beberapa anggota Komisi D. Dalam audiensi ini Ketua KONI Wonosobo, Bambang Larasnyoto menyampaikan bahwa audiensi dilakukan mengingat Kabupaten Wonosobo akan berkiprah dalam Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Jawa Tengah yang rencananya digelar pada Oktober 2018 di Solo. Dan dalam masa persiapan sekitar 8 bulan ini dibutuhkan dukungan dari semua elemen masyarakat, utamanya DPRD Wonosobo sebagai salah satu unsur penyelenggara pemerintah daerah selain Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Dukungan yang dibutuhkan, tidak hanya moril tapi juga dukungan sarana dan prasarana termasuk anggaran yang jumlahnya tidak sedikit.

Lebih lanjut disebutkan Bambang, untuk PORPROV tahun depan, direncanakan jumlah personil yang terlibat sebanyak 156 orang, meliputi pengurus 21 orang dan atlet beserta official sejumlah 135 orang. Direncanakan para atlet akan bertarung mewakili Kabupaten Wonosobo dalam 21 cabang olahraga yang memilki potensi menyumbang medali, yakni arung jeram, pencak silat, sepak takraw, takwondo, bola voli, tenis meja, wushu, atletik, basket, bulu tangkis, catur, gulat, karate, bridge, kempo, panahan, tenis lapangan, futsal, panjat tebing, paralayang dan balap sepeda.

Khusus untuk sarana prasarana yang dibutuhkan, antara lain untuk atlet berupa sepatu, training dan topi serta seragam tanding, termasuk untuk pengurus dan official team. Sedangkan beberapa cabang olahraga yang memerlukan sarana prasarana cukup mendesak selama pemusatan latihan atau TC, antara lain menembak berupa senapan, karate, kempo, yongmudoo dan muathay berupa matras dan pelindung, wushu berupa matras, arung jeram berupa perahu, paralayang berupa payung serta tenis meja berupa meja lengkap dan bet.

Adapun target sementara yang dipatok KONI adalah 40 medali, meliputi 5 medali emas, 15 medali perak dan 20 medali perunggu, sehingga bisa memperbaiki peringkat dibanding gelaran 4 tahun sebelumnya, yang ada di posisi bawah se Provinsi Jawa Tengah.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD, Heru Irianto, meminta agar KONI segera menyusun skala prioritas kegiatan dan kebutuhan sembari berharap KONI terus melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, sehingga bisa dirumuskan anggaran dan sumber anggaran yang bisa diperoleh untuk mencukupi kebutuhan selama masa persiapan kontingen Wonosobo menjelang gelaran PORPOV 2018. Hal ini perlu dilakukan segera mengingat kebutuhan anggaran yang diperlukan cukup besar, yakni mencapai 1 milyar 396 juta 654 ribu rupiah, seperti yang dipaparkan pihak KONI Wonosobo.

Di sisi lain, Heru meminta kepada KONI, mengingat banyak cabang olahraga potensial yang ada di Kabupaten Wonosobo, maka KONI dituntut bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, serta mampu melakukan perencanaan dengan terstruktur, melalui pengelolaan manajemen yang profesional, apalagi Wonosobo saat ini sudah memiliki Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Keolahragaan, sehingga dari Kabupaten Wonosobo diharapkan bisa melahirkan atlet-atlet berprestasi, yang pada ujungnya bisa membawa nama baik daerah dan ikut memajukan Kabupaten Wonosobo.