Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lakukan Audiensi dengan DPRD Kabupaten Wonosobo

November 10, 2017
Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lakukan Audiensi dengan DPRD Kabupaten Wonosobo Wakil Ketua DPRD Heru Irianto beserta Komisi D saat menerima audiensi GOW

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Wonosobo melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Wonosobo, Jum’at, 10 November, di Ruang Rapat Utama DPRD. Diterima Wakil Ketua DPRD, Heru Irianto yang didampingi Ketua Komisi D, Faizun, Wakil Ketua Komisi D, Mugi Sugeng beserta beberapa anggota Komisi D, Ketua GOW Wonosobo, Ny.Nurhidayati, menyampaikan, tujuan audiensi selain untuk mendapat dukungan dari DPRD terkait penguatan fungsi dan tugas pokok GOW yang menaungi tidak kurang dari 40 organisasi perempuan di Wonosobo khususnya dalam memberdayakan, melindungi dan memperjuangkan hak kaum perempuan, juga agar wakil rakyat yang duduk di DPRD bersama Pemerintah Kabupaten bisa ikut membantu berbagai persoalan yang dihadapi GOW, utamanya dalam kebijakan anggaran. Hal ini cukup penting mengingat cakupan kegiatan GOW yang sangat luas, yang beberapa diantaranya membutuhkan anggaran tidak sedikit, seperti dalam hal perlindungan kekerasan yang dialami perempuan, yang saat ini diampu oleh UPIPA, namun tidak didukung sarana prasana yang memadai.

Menanggapi hal ini, Wakil Ketua DPRD, Heru Irianto meminta kepada pihak GOW, agar lebih mematangkan program yang dimiliki, sembari meminta agar melakukan koordinasi dengan OPD terkait, sehingga pada pertemuan berikutnya dengan DPRD bisa lebih dimatangkan lagi berbagai kendala yang dihadapi, khususnya di tiap organisasi wanita yang bernaung di bawah GOW.

Menurutnya, posisi GOW sangat strategis, seba GOW adalah wadah aspirasi dan eksistensi pemberdayaan perempuan, di mana kesetaraan perempuan serta laki-laki dimanifestasikan dalam berbagai ide, dari banyak kepentingan, dari banyak latar belakang pendidikan, sosial, politik, agama, maupun budaya.

Hal ini menjadi alasan mengapa GOW harus memahami esensi dari pemberdayaan perempuan, serta bagaimana meningkatkan harkat dan martabat kaum perempuan di Wonosobo, baik dalam hal pendidikan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan hidup dalam perbedaan-perbedaan yang ada.

Heru berjharap, melalui audiensi awal ini, GOW tetap berkiprah dan semakin meningkatkan kepeduliannya terhadap kesejahteraan perempuan melalui usaha-usaha ekonomi kreatif, sehingga perempuan di Wonosobo mampu berdikari dan mampu menjadi orang-orang hebat yang memiliki posisi tawar tinggi, selain berpendidikan, terlatih, sehat, berbudaya, juga kuat ekonominya.

Sementara Mugi Sugeng, meminta agar dalam audiensi berikutnya lebih fokus pada permasalahan yang dihadapi GOW, sebab tidak bisa dielak semua pihak, bahwa ada perubahan paradigama tentang perempuan, utamanya di era globalisasi, yang mana perempuan dituntut tidak hanya mampu menjalankan fungsi domestik, tetapi perempuan juga harus memoptimalkan fungsinya untuk berkarya di ruang publik. Oleh karena itu, GOW harus mampu mengampil peluang dalam mengasah kemampuan perempuan di Wonosobo, dan terus meningkatkan perannya dalam mengatasi masalah pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga, maupun trafficking yang masih dialami perempuan dan anak-anak.