Masyarakat Diminta Tetap Jaga Kondisi Kondusif Kamtibmas Selama Ramadhan dan Jelang Lebaran

Juni 05, 2017
Masyarakat Diminta Tetap Jaga Kondisi Kondusif Kamtibmas Selama Ramadhan dan Jelang Lebaran Wakil Ketua DPRD, Heru Irianto, saat menyampaikan sambutan dalam tarling OPD didampingi Bupati

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wonosobo, Heru Irianto, meminta agar kondisi kamtibmas yang sudah kondusif selama bulan Ramadhan dan jelang lebaran bisa dijaga seluruh elemen masyarakat Wonosobo. Hal ini diungkapkannya dalam Taraweh Keliling (tarling) OPD, instansi, BUMD dan Asosiasi di Gedung KORPRI Wonosobo, Senin 5 Juni malam, yang ikut dihadiri Bupati Wonosobo, Eko Purnomo dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah serta ratusan jamaah Sholat Tarawih dari OPD, perbankan, BUMD dan asosiasi.

Kondisi positif ini diminta Heru untuk tidak dirusak, sebab hanya akan menimbulkan kehidupan bermasyarat menjadi tidak aman dan nyaman. Justru masyarakat diminta untuk bisa memotivasi kondisi yang sudah ada agar tercipta kondisi harmonis di tengah masyarakat. Apalagi disaat masyarakat tengah menjalankan puasa di bulan Ramadhan, yang mana sikap saling menjaga, menghargai dan menahan diri jadi kunci sukses tidaknya ibadah di bulan Ramadhan ini.

Terkait stabilitas ekonomi masyarakat, salah satu kunci utama adalah saling menahan diri, dan tidak berlebih-lebihan dalam membeli barang-barang kebutuhan masyarakat, sehingga tidak terjadi kelangkaan kebutuhan pokok masyarakat.

Himbauan Wakil Ketua DPRD untuk ikut menjaga kondusivitas kamtibmas Wonosobo, juga disampaikan Bupati Wonosobo, Eko Purnomo, yang menekankan perlunya koordinasi lebih intensif antara masyarakat dan jajaran petugas keamanan, khususnya dalam rangka mengantisipasi situasi keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Selain upaya preventif oleh petugas keamanan, kesadaran masyarakat dalam ikut menjaga situasi Kamtibmas di Wonosobo senantiasa kondusif juga sangat penting.

Ajakan Wakil Ketua DPRD dan Bupati agar masyarakat turut berupaya meningkatkan partisipasi dalam mengupayakan situasi Kamtibmas di Wonosobo tersebut disambut positif oleh KH.Haedar Idris. Ulama kharismatik Wonosobo tersebut mengatakan, bahwa kewajiban menjaga kondisi lingkungan disekitar agar senantiasa aman dan nyaman merupakan bagian dari ibadah. Puasa Ramadhan menurutnya, seharusnya tak sekedar menahan lapar dan dahaga semata, namun juga meningkatkan kesadaran untuk saling menjaga dan menghormati antar sesama. Oleh karenanya, Haedar mengaku akan ikut pula berpartisisipasi untuk mengajak masyarakat di sekitar kediamannya agar menumbuhkan kesadaran dalam hal antisipasi terhadap gangguan Kamtibmas.

Di sisi lain, menurutnya masyarakat perlu menjaga kondisi yang baik dan bisa menjaga amal ibadahnya, sehingga tujuan akhir berpuasa yakni menjadi orang yang bertaqwa akan tercapai. Orang bertaqwa sendiri dinyatakan Tuhan sebagai orang yang peduli pada sesama, taat kepada rasul-Nya dan menjauhkan diri dari semua sifat buruk.